Desember 25, 2012

Orang Pintar Pake Listrik Pintar #1


Listrik Pintar, What was that?
Mau dengar cerita tentang Saya dan Listrik Pintar? sebenarnya ini curahan hati yang terpendam menjelang lebaran idul adha kemariinn, mau tau lebih lanjut?! check it out..:D
   


Masyarakat Pintar Masyarakat yang menggunakan Listrik Prabayar! That words I spell as much as I breath. Seperti mantera untuk menyabarkan diri karena ga bisa melakukan aktifitas apapun selain membaca dan menulis >_<.

Hari ini adalah hari ke -4 saya berada di kota kelahiran saya Meulaboh, Aceh Barat. Kota kecil dengan penduduknya yang sedikit, tepat di pesisir barat pantai Sumatera dan saya sangaaatt mencintainya hahahaa. Menyambut lebaran Idul Adha memang selalu meriah ditiap tahunnya (selama itu diadakan di Aceh :D, tidak seperti disana *** X_x), karena sudah 3 tahun tidak merayakan Hari Raya Kurban di Bumi Teuku Umar, akhirnya saya mengambil cuti dan memilih pulang, Im Home! :)
Dan tahukah kalian saya sangat terkejut karena tepat dijendela rumah saya ada stiker Listrik Pintar! Wow! Bangga juga nih, ga hanya sebagai seseorang yang mengabdi di PLN, tetapi sebagai Konsumen pun saya sudah ikut serta menyukseskan program menerangi sejuta umaatt hohoo. Yup! Dirumah saya akan menggunakan Listrik Prabayar, ayee! Eh tapi ternyata baru tanggal 29 Oktober rumah kami akan dipasangi Meteran Prabayarnya. Ga apa deh, yang penting resmii! Hahaa
Namun sisi negativenya adalah kami kekurangan dayaa (Ontahlaahh apa yang terjadi dan mengapa bisa begini, sedang dalam proses mempelajari haha) Alhasil rumah kami tidak bisa menyalakan televisi (komputer, etc), ga bisa menghidupkan kulkas, memasak di rice cooker dan menghidupkan pompa air secara bersamaan. Hampir semua peralatan dirumah saya (begitu juga dengan rumah penduduk lain sekitarnya) addicted dengan Listrik and that's why Electricity is so important!
Dalam rangka merealisasikan program Listrik Pintar yang disudah disosialisasikan sejak Januari 2012 oleh Perusahaan, sebagai awak kapal dibawah naungan Lambang Petir Tiga Samudera (baca:PLN) I think I have responsibility to make sure that every customer know well about our program. In fact, banyak konsumen yang masih tidak paham tentang program Listrik Pintar ini.
Contohnya : ketika saya berada disalah satu rayon PLN sembari menunggu antrian untuk mengajukan Pemasangan Listrik Prabayar, saya mendengar debat salah seorang customer service dan seorang pelanggan tentang manfaat menggunakan Listrik Prabayar/ Listrik Pintar. Pelanggan ini bersikukuh menggunakan Meteran Listrik Manual dan menolak memasang Meteran Prabayar dengan alasan KENYAMANAN! Wah, apakah benar?! Hmm! Tahan komentar anda dan perhatikan dibawah ini :D
Sekilas info tentang Listrik Pintar ;)
1. Kalau sebelumnya layanan listrik dengan sistem pelanggan menggunakan energi listrik dulu dan membayar belakangan, Listrik Pintar menawarkan sistem isi ulang seperti halnya isi ulang voucher handphone anda. Jadi ga perlu khawatir untuk menuggak atau telat bayar sampai harus diputuskan aliran listriknya  :)
2. Pemakaian Listrik dapat disesuaikan dengan anggaran belanja rumah tangga anda (based on ur budget :D) dengan voucher pulsa listrik variatif.
3. Tidak di Denda jika terjadi keterlambatan.
4. Privasi lebih terjaga. Ga perlu direpotkan dengan petugas catat meteran. Pemakaian Listrik akan tercatat secara otomatis dan akurat, waaahh! :)
5. Jaringan luas untuk pembelian Listrik Isi ulang. Pembelian pulsa listrik sudah dapat di akses lebih dari 30.000 ATM diseluruh Indonesia. Selain itu bisa juga didapatkan di loket pembayaran listrik online (PPOB) 
Banyakkan manfaatnya :D. Nah kalau begitu kenapa si Bapak Pelanggan tadi tetap ngotot menggunakan Meteran Catat, ckck. Setelah disurvey secara kilat oleh saya dan beberapa orang teman saya menemukan fakta bahwa sebagian Customer (baca : senang memakai Meteran Manual) karena :
#1. Bisa menunda pembayaran atau bahasa prokemnya itu menunggak bayar atas konsumsi Listrik yang digunakannya. Fakta : Tunggakan bisa mencapai 6 bulan atau lebih sebelum dilakukan pemutusan aliran listrik
 #2. Adanya 'kabar burung' yang disampaikan oleh oknum2 yang tidak bertanggung jawab agar program Listrik Pintar tidak terlaksana.
#3. Sulit mengubah kebiasaan jika tidak ada kemauan berubah dan kurangnya minat untuk belajar dan memahami walaupun manfaat yang diberikan jauh lebih baik untuk Pelanggan pada umumnya dan PLN pada khususnya.

 Yah, demikianlah curcol singkat saya. Semoga bermanfaat bagi yang membaca dan mau mendengarkan. Walaupun tulisan ini sudah disimpan untuk waktu yang sangat lama sebelum dipublikasikan, tetapi lihat sisi positifnya saja. Hahahaa.

Dan ingat!
Orang Pintar Pakai Listrik Pintar, Listrik Pintar - Listrik Prabayaarr! 

Wassalam
vaglin :)



2 komentar:

  1. Layanan baru listrik pintar memang harus disosialisasikan lebih gencar.

    Saya sebagai pengguna merasa dimudahkan dengan program ini.

    Tulisan yang menarik, hanya perlu tambahan foto/gambar saja. Thanks for sharing!

    BalasHapus
  2. ah iya, ok, akan di improve ke depannya mas. thank u yaa :D, jangan bosan2 memberikan kritik dan saran di blog kami, terima kasihh :D

    BalasHapus

 

vitra's:noktahminor Template by Ipietoon Cute Blog Design